Layanan

Kosmetik Ginekologi Vaginoplasty

VAGINOPLASTI

Tak hanya di Indonesia, bahkan di dunia para perempuan masih lebih banyak yang enggan atau canggung membahas masalah kesehatan seksualnya. Berbagai stigma masih menempel pada diri perempuan.

Padahal cukup banyak keluhan seputar masalah seksual wanita. Mulai dari ketidaknyamanan atau kurangnya pelumasan saat hubungan intim, inkontinensia urin atau masalah fungsional lainnya yang bisa menghinggapi wanita di berbagai usia. Jadi, sebenarnya wanita tak pernah sendirian. Selalu ada wanita lain yang juga punya keluhan yang sama karena faktor-faktor alami seperti kehamilan, persalinan, dan penuaan.

Juncenter dan para ahlinya memahami keengganan dan rasa malu perempuan membicarakan masalah ini, namun bertekad untuk menemani pasien hingga pulih. Keluhan seputar kesehatan vagina adalah hal yang umum terjadi. Maka Juncenter menyediakan berbagai layanan prosedur medis yang bisa Anda pilih sesuai rasa nyaman Anda.

Salah satunya adalah vaginoplasti, prosedur bedah yang dirancang untuk meningkatkan keintiman dan fungsi vagina untuk meringankan keluhan, mengembalikan kepercayaan diri dan seksualitas Anda.

STRUKTUR VAGINA

Dinding vagina adalah saluran berotot dengan jaringan yang memberikan lapisan yang lembut dan fleksibel. Terletak di daerah panggul Anda di belakang kandung kemih. Sebagai saluran yang menghubungkan serviks ke dunia luar dan memungkinkan bayi keluar dari rahim. Dinding vagina Anda terdiri dari lapisan otot yang kuat dan serat elastis yang memungkinkannya meregang saat berhubungan seks atau melahirkan.

Dinding vagina Anda juga memberikan pelumasan untuk mengurangi gesekan dan meminimalkan iritasi atau ketidaknyamanan. Otot-otot vital lainnya menopang dasar panggul, semua bekerja bersama untuk memungkinkan fungsi normal dan sehat dari vagina dan struktur organ wanita penting lainnya.

Meski otot-otot vagina elastis dan tebal, namun dapat melemah seiring waktu, seperti kelompok otot lainnya. Faktor-faktor seperti proses penuaan alami, perubahan hormonal dan peregangan atau robekan yang terjadi saat melahirkan semuanya dapat mengurangi elastisitas dan menyebabkan dinding vagina mengendur.

Jaringan vagina juga bisa menjadi lebih tipis saat kadar estrogen turun, mengakibatkan penurunan kadar air dan sensasi kering, nyeri atau gatal, terutama saat berhubungan seks. Meskipun perubahan ini terjadi secara alami, tapi menyebabkan berbagai gejala yang tidak menyenangkan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan, kenyamanan, dan rasa percaya diri wanita.

Otot-otot yang kendur atau melemah di vagina juga mengganggu banyak wanita usia subur. Karena otot dan jaringan vagina bertanggung jawab untuk pelumasan dan perasaan “kencang”, ini dapat menyebabkan penurunan kenikmatan seksual, kekeringan dan ketidaknyamanan. Otot-otot vagina juga terhubung ke organ vital lainnya di panggul Anda, seperti rahim, kandung kemih, dan rektum, sehingga melemahnya dinding vagina dapat menyebabkan inkontinensia dan masalah fungsional lainnya.

BAGAIMANA VAGINA BERUBAH SEIRING USIA

Vagina bisa berubah sepanjang hidup Anda, karena sangat dipengaruhi oleh faktor hormonal dan proses penuaan. Tonggak penting pertama terjadi selama masa pubertas, ketika vagina matang sebagai respons terhadap peningkatan kadar estrogen – ovulasi dimulai, keluarnya cairan yang sehat dan labia menjadi lebih jelas.

Perubahan jelas lainnya terjadi selama kehamilan. Peningkatan aliran darah dapat membuat jaringan membengkak dan menjadi gelap, dan otot-otot dasar panggul akan meregang dengan setiap persalinan pervaginam. Kulit dan jaringan vagina juga dapat robek saat melebar untuk menampung kepala bayi, dan fluktuasi hormon pascapersalinan dapat menyebabkan perasaan kering. Beberapa dari perubahan ini bersifat sementara, tetapi yang lain mungkin permanen dan tetap ada bahkan setelah melahirkan.

Tonggak berikutnya adalah perimenopause, periode lima sampai sepuluh tahun sebelum menopause dimulai. Meskipun bervariasi, kebanyakan wanita mengalami perimenopause di usia 40-an, di mana tubuh mulai memproduksi lebih sedikit estrogen. Ketika kadar hormon terus menurun dan menopause terjadi, lapisan vagina menjadi lebih tipis dan kurang elastis, sementara otot-otot vagina dan panggul melemah seiring bertambahnya usia.

Labia dan jaringan vagina juga dipengaruhi oleh hilangnya kolagen dan elastin, protein penting yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap kencang dan kenyal. Seiring waktu, kolagen dan elastin di kulit Anda – semuanya – mulai kehilangan elastisitas dan melorot, dan produksi serat kolagen dan elastin baru mulai berkurang. Meskipun mungkin tidak begitu terlihat seperti perubahan yang terjadi pada wajah atau tangan, hal ini dapat menyebabkan jaringan vagina menjadi kendur.

Perubahan vagina benar-benar normal dan alami. Tetapi tidak harus mempengaruhi kesejahteraan Anda atau membuat kehidupan seks yang tidak memuaskan. Vaginoplasti dapat meningkatkan fungsi dan penampilan vagina Anda dengan meremajakan jaringan dan otot.

APA ITU VAGINOPLASTI?

Vaginoplasti adalah prosedur pembedahan yang dirancang untuk meningkatkan sensasi seksual dan fungsi panggul dengan mengencangkan dan memperbaiki otot-otot dinding vagina. Ini juga dapat meringankan inkontinensia urin dengan mengencangkan otot-otot dasar panggul, yang menopang kandung kemih dan mencegah kebocoran.

Vaginoplasti dapat membantu mengatasi sejumlah masalah yang disebabkan oleh melemahnya otot-otot vagina dan jaringan yang kendur, termasuk :

  • Berkurangnya sensasi di vagina
  • Kekeringan vagina
  • Sakit saat berhubungan
  • Terbakar atau gatal
  • Inkontinensia urin ringan sampai sedang

Jika Anda memiliki masalah lain yang tidak dapat diatasi dengan vaginoplasty saja, prosedur ini dapat dikombinasikan dengan operasi lain. Seringkali, perineoplasty dilakukan bersamaan dengan vaginoplasty untuk memperkuat otot-otot perineum. Wanita lain mungkin menggabungkan operasi mereka dengan labiaplasty untuk mengurangi ukuran atau panjang bibir vagina untuk meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan diri.

APAKAH VAGINOPLASTI TEPAT UNTUK SAYA?

Vaginoplasty dapat bermanfaat bagi wanita mana pun yang mengalami sensasi kendur di vagina mereka. Ini juga bisa menjadi prosedur yang cocok bagi mereka yang terganggu oleh ketidaknyamanan, kekeringan, inkontinensia urin dan masalah lain yang disebabkan oleh melemahnya otot atau jaringan vagina. Anda mungkin menjadi kandidat yang baik untuk prosedur ini jika :

  • Anda memiliki masalah yang dapat diatasi dengan vaginoplasti.
  • Anda dalam keadaan sehat secara keseluruhan dan tidak merokok.
  • Anda merasakan  vagina Anda  berbeda sejak melahirkan atau menopause.
  • Otot-otot vagina Anda telah melemah atau terpisah.
  • Anda ingin meningkatkan kesehatan seksual, fungsi, dan kepercayaan diri Anda.
  • Waktu juga dapat menjadi faktor penting ketika mempertimbangkan vaginoplasti, karena kehamilan di masa depan atau persalinan pervaginam dapat membatalkan hasil prosedur Anda. Oleh karena itu, vaginoplasti umumnya direkomendasikan setelah Anda selesai memiliki anak.

APA YANG DIHARAPKAN DARI VAGINOPLASTI ANDA

Sebelum menjalani vaginoplasti, Anda akan datang untuk berkonsultasi dengan para ahli di Juncenter. Pada hari operasi Anda, Anda akan diberikan anestesi umum. Dokter akan memulai prosedur dengan membuang bagian kulit berlebih  di bagian belakang vagina.

Kemudian memperbaiki otot-otot yang ditemukan di bawah kulit berlebih, menggunakan jahitan yang kuat untuk menyatukan kembali otot-otot yang terpisah, atau untuk mengencangkan otot-otot yang kendur. Prosedur yang tepat akan  bervariasi tergantung pada jumlah koreksi yang diperlukan dan memastikan bahwa otot-otot vagina Anda kencang .

Setelah menyelesaikan perbaikan otot, dokter akan menutup kulit mukosa dengan jahitan. Jika Anda memiliki masalah lain untuk ditangani dan memilih untuk menggabungkan prosedur Anda dengan perineoplasti atau labiaplasti, ini akan dilakukan bersamaan dengan vaginoplasti. Tak hanya mengembalikan fungsi maksimal berbagai tindakan ini juga akan mempertimbangkan aspek estetik pada organ intim perempuan.

PEMULIHAN VAGINOPLASTI

Vaginoplasti dilakukan sebagai prosedur rawat jalan, sehingga Anda dapat kembali ke rumah setelah operasi .

Tergantung pada operasi spesifik Anda, mungkin diperlukan satu hingga dua minggu waktu pemulihan sebelum Anda merasa siap untuk kembali ke aktivitas sehari-hari. Mungkin ada beberapa rasa sakit atau nyeri awal, tetapi ini bersifat sementara dan biasanya hanya berlangsung selama beberapa hari pertama.

Anda mungkin juga merasa sulit untuk buang air kecil segera setelah operasi sebagai akibat dari pembengkakan, kejang otot dan efek anestesi. Untuk memberikan tubuh Anda cukup waktu untuk sembuh dengan benar, Anda harus menahan diri dari penggunaan tampon, hubungan seksual dan aktivitas berat selama minimal delapan minggu setelah prosedur Anda.

Sama seperti operasi apa pun, selalu ada risiko pendarahan atau infeksi atau pendarahan, tetapi jika Anda mengikuti instruksi perawatan pasca operasi dengan hati-hati, kemungkinan Anda mengalami komplikasi rendah.

HASIL VAGINOPLASTI

Hasil vaginoplasti Anda akan terlihat dalam minggu-minggu setelah operasi Anda, setelah sebagian besar pembengkakan telah teratasi. Ketika Anda benar-benar sembuh, Anda akan dapat melihat dan merasakan peningkatan kesehatan dan fungsi vagina Anda. Vagina Anda akan lebih kencang dan lepas dari masalah seperti ketidaknyamanan, kekeringan atau inkontinensia urin harus dihilangkan.

Sementara hasil vaginoplasty dianggap tahan lama, proses penuaan alami masih dapat menyebabkan beberapa kelemahan kulit atau melemahnya otot-otot vagina, tetapi tidak akan terasa kendor seperti sebelum operasi. Ini hanyalah bagian normal dari penuaan dan sebagian besar perubahan sangat tidak signifikan.

Jika Anda ingin memperpanjang hasil Anda, Anda dapat mengikuti latihan dasar panggul atau teknik penguatan dalam aktivitas harian Anda. Anda ss[iselanjutnya meningkatkan kesehatan vagina Anda dengan perawatan non-bedah seperti Radiofrekuensi, Nova-Mag atau O-Shot. (*)

Hubungi Kami

Tim Juncenter berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan paripurna bagi para puan di wilayah Indonesia. Dengan tetap mengedepankan etika kedokteran, serta mutu layanan kesehatan terbaik.

Isdiyati

Patient Relation

” Pasien menjadi yang utama, dan berhak mendapatkan terapi terbaik.  “

Heri Jumantoro

Coordinator

” Kualitas pelayanan yang paripurna dari awal hingga akhir adalah tujuan kami untuk Anda.  “